Header Ads

Disunahkan Berpindah Tempat Sholat Sunnah


Tindakan pindah tempat shalat SUNNAH...... seseorang ketika hendak sholat kembali disunnahkan untuk pindah tempat, dari tempat yang ia shalat di tempat tersbut k tempat lain. [ i'anatut tholibin 1/248 ].

Réferènsi Bughyah:

(مسألة : ك) : يندب الفصل بين كل صلاتين فرضاً أو نفلاً بالانتقال إلى موضع آخر لتشهد له البقاع

Makruh menetap Pada satu tempat dalam melakukan sholat


Réferènsi:

ومن مكروهات الصلاة ( وايطان المكان ) الوحيد ( كإيطان البعير وغيرها )اوقوله ؛ ( وإيطان المكان ) اى ملازمته ، وهذا لغير الامام في المحراب أما هو فلا يكره له خلافا للسيوطي حيث قال ؛ انها بدعة مفوتة فضيلة الجماعة له ولمن ائتم به ، فالمعتمد انه ليس من مكروهات الصلاة ولا يفوت فصلية الجماعة. ، وقوله : الواحد ، خرج به مالو انتقل من مكان الى اخر ، وان رجع الى الاول . [ حاشية الشرقاوي المجلد الاول .ص. ٤٥٩ ]

Dan DI antara makruh Nya sholat adalah ( menetap Pada satu tempat seperti meneptap Nya himar Dan lain Nya ). Adapun yang DI maksud kata2 ( menetap Pada satu Tempat Adalah yaitu menetapi tempat sholat Nya Dan kemakruhan ini Untuk selain imam DI mihrob Nya adapun bagi imam maka tidak makruh menetap Pada satu Tempat itu ( mehrob ). Hal ini beda dengan pendapat Nya imam Assuyuthi beliau Berpendapat sesungguh Nya Hal itu ( menetap Pada satu tempat DI mehrob ) adalah bid'ah yang Akan menghilangkan fadilah Nya berjama'ah bagi imam Dan bagi yang ma'mum .Adapun pendapat yang kuat adalah Hal itu ( menetap nya imam pada satu mehrob) tidak termasuk makruh Nya sholat Dan tidak menghilangkan fadhilah Nya ber jama'ah .Adapun yang DImaqsud kata2 ( menetap Pada satu Tempat .) Keluar Dari Hal itu ( keluar Dari kemakruhan menetap Pada satu tempat  ) jika orang itu pindah Dari tempat Pada tempat yang lain walaupun kemudian kembali lagi Pada tempat semula. ( Hasyiyah asysyarqowi juz 1. Hal .459 )
Kebalikan Makruh adalah sunnah jadi sunnah pindah Dari tempat ke tempat yang lain .
والله اعلم

ويندب أن ينتقل لفرض أو نفل من موضع صلاته ليشهد له الموضع حيث لم تعارضه فضيلة نحو صف أول فإن لم ينتقل فصل بكلام إنسان

DISUNNAHKAN berpindah dari tempat sholat pertama karena akan melaksanakan sholat fardlu atau sholat sunnah yang lain, hal ini bertujuan agar tempat yang baru inii ikut menyaksikan, jika memang tidak bertentangan keutamaanya. misalnya seperti jika telah berada dibarisan / shaf awal.

وأن يكون انتقال المأموم بعد انتقال إمامه

Bagi makmum berpindah setelah imam'nya berpindah tempat. (Fathul Mu'inn : 1/187-188).

Walloohu A'lamu bishowab.

No comments