Header Ads

Shalat Memakai Mukena Dari Sutra


Shalatnya sah karena wanita memakai sutra hukumnya boleh.

:.و يحل للنساء لبس الحرير و افتراشه و يحل للولي الباس الصبي الحرير قبل سبع سنين و بعدها أى الى البلوغ. الباجوري ١/٢٤١

Adapun hikmah dan illatnyang keharoman sutra bagi laki-laki adalah bahwa memakai sutra itu suatu kesombongan yang mewaritskan kemewah-mewahan hidup, perhiasan dan memakai pakaian yang pantas untuk wanita yang tidak pantas untuk kesatrian seseorang laki-laki, sedangkan orang laki-laki menyerupai wanita hukumnya harom begitu juga sebaliknya.

Menurut Imam Ghozaliy keharoman tersebut karena dalam sutra terkandung makna tingkah laku kewanitaan / kelemah-lembutan dan kejinakan yang tidak pantas untuk kesatrian / kekuatan seorang laki-laki.

: .وحكمة التحريم أنه مع ما فيه من معنى الخيلاء يورث رفاهية و زينة و ابداء زي يليق بالنساء دون شهامة الرجال والتشبه بالنساء حرام كعكسه قال ع ش وهو من الكبائر. إعانة الطالبين ٢/٧٧ وقد علل الإمام الغزالي الحرمة بأن في الحرير خنوثة أى نعومة وليونة لا تليق بشهامة الرجال أى بقوتهم وهذه الحرمة من الكبائر كما نص عليه الشيخ عطية و نقل عن الشبراملسي. الباجوري ١/٢٣٩و لما فيه من الخنوثة أى الميل لطبع النساء المنافي لشهامة الرجال فلما كان الحرير ثوب رفاهية و زينة و في لبسه إبداء زي يليق  بالنساء حرم لأن التشبه بهن حرام. الشرقاوي ١/٣٣١

Walloohu a'lamu bishowab.

No comments