Header Ads

Hukum Berbicara Di Dalam WC


Hukumya makruh...disunnahkan ketika buang air kncing atau air besar untuk tidak bicara.brdasarkan hadis nabi,"jangnlah keluar 2 orang untuk buang air besar dengan membuka auratnya serta berbicara,sesungguhnya allah murka dengan perbuatan tersebut". Hadits ini menunjukan kemakruhan brbicara saat buang air kecil ataupun air besar,dan tidak membrikan hukum haram. [ kifayatul akhyar 1/31 ].

PERLU DIPERHATIKAN BAGI ORANG YANG HOBBY BERAKTIVITAS DI DALAM WC

[فائدة]: ورد أن البصاق على الخارج من الشخص يورث الوسواس وصفرة الأسنان ويبتلى فاعله بالدم، والسواك حال الخلاء يورث النسيان والعمى، وطول القعود فيه يورث وجع الكبد والبواسير، والامتخاط يورث الصمم والهم، وتحريك الخاتم يأوي إليه الشيطان، والتكلم بلا ضرورة يورث المقت، وقتل القمل يبيت معه الشيطان أربعين ليلة ينسيه ذكر الله

(Faidah)
▪Sesungguhnya meludahi kotoran yang dikeluarkan seseorang akan menimbulkan penyakit was-was (ragu-ragu) dan kuningnya gigi dan pelakunya akan mendapatkan cobaan suatu penyakit (darah)
▪orang yang siwakan (sikat gigi) di wc beresiko menjadi pelupa dan buta (hati)
▪orang terlalu lama duduk diwc menyebebkan sakit liver dan beser.
▪sisi (mengeluarkan Ingus dari hidung) didalam wc menyebabkan tuli (pendengaran berkurang) dan kesusahan.
▪Menggerak-gerakkan cincin didalam wc,menyebabkan didatangi syetan
▪berbicara didalam Wc selain dhorurot menyebabkan murkanNya Alloh
▪membunuh kutu didalam wc menyebabkan datangnya syetan tiap malam selama 40 malam yang akan mengganggu orang tersebut agar tak dzkir (lupa) pada Alloh.
[ Ket : Bughyah Al Mustarsyidiin Hal 26 ].

No comments