Header Ads

Berwudhu Karena Buang Angin


لان الصلاة مناجاة الرب تعالى فطلب التنظيف لاجلها و انما اختص الراس بالمس لستره غالبا فاكتفى فيه بادنى طهارة وخصت الاعضاء الاربعة بذالك لانها محل اكتساب الخطايا او لان ادم مشى الى الشجرة برجليه و تناول منها بيديه و اكل منها بفمه و مس راسه ورقها
كاشفة السجا ١٨
"Karena sholat adalah munajat kepada ARROB TA'ALA,maka diwajibkan untuk bersuci terlebih dahulu. Dikhususkan untuk kepala dengan mengusap,karena umumnya kepala sering ditutupi maka kiranya cukup baginya ketika bersuci dengan sesuci yang paling minim yaitu mengusap. adapun dikhususkannya bersuci pada 4 anggota tubuh, karena 4 anggota tersebut pangkal dari semua kesalahan..Atau karena dulu Nabi Adam berjalan mendekati pohon khuldi dengan 2 kakinya, dan memetik buahnya dengan ke-2 tangannya, memakannya dengan mulutnya dan menyentuh daun-daunnya dengan kepalanya".

Ly kn wudhu brsihin dari sgala hadas kcil yang kna tbuh, dari ujung kaki smpe kpala, tetapi kalau (maaf) kntut kg dibrshin, pdhal udran ny juga ktor, trus kalau kluar mani kn mandi wajib, pdhal cm dkit, tetapi kalau buang air bsar n kcil yang kluar kn bnyk, kenapa ga wajib mandi?

Karena waktu hadas besar,tubuh kita seakan2 loyo,seluruh ruas2 tubuh melemah akibat terkuras oleh air sperma yang keluar.Walau tidak dengan berhubungan.hal ini karena sperma adalah sari pati manusia..untuk kembali merubah kekondisi semula maka perlu diguyur dengan air.Kentut hkmnya tidak najis,dan ainiyahnya g terlihat..jd knpa haruz dibersihkan? Sdg pada waktu buang air besar/kecilkan najis ada dan terlihat jadi wajib dihilagkan dulu ainiyahnya.

Karena segala sesuatu yang keluar dari qubul dan qubur membtalkan wudlu.membuang angin membatalkan wudlu tetapi tidak wajib di bersihkan karena pada umumya kentut tidak ada bekasya sama sekali,tp jika ada bekasya seperti kentuty orang yang mencret kemudian kentut dan mengeluarkan angin dan tai yang jelas maka wjib di bersihkan.

No comments